Reply vs RT / Quote vs ReTweet,,

Anak jaman sekarang mana ada sih yang gak punya twitter ya gak? aplikasi micro blogging berbasis web ini sekarang lagi rame banget di Indonesia, ngalahin si Facebook yang padahal kalo dibandingin fiturnya lebih kaya dari Twitter, di post ini gw gak ngebahas gimana cara buat account Twitter atau apalah, gw cuma mau ngebahas tentang fitur reply twitter yang kadang jarang banget di pake sama penggunanya, kadang mereka bales tweet temen dari temennya pake format kayak gini :

balesan tweet + "RT @username: tweetnya si username"

orang-orang yang macem gini itu namanya RT Abuser, selain bakal nyampah banget di Timeline followernya, orang kayak gini biasanya paling sering kena unfollow atau lebih halusnya orang biasa ngesilent account kayak gini, supaya "sampah" nya gak masuk timeline, gila aja kan, coba loe bayangin, kita dipaksa ngebaca obrolan dia dengan temen dia, yang (kebanyakan) emang gak begitu penting buat kita,, maka dari itu disini gw bakal jelasin apa sih bedanya fungsi reply, RT atau Quote dan ReTweet,, :3

1. Reply,,
Twitter udah susah-susah bikin fungsi Reply tujuannya buat ngebales kalo ada twit yang berhubungan sama loe, kenapa gw bilang susah? karena fitur ini lumayan canggih, kalo loe bales2an tweet pake Reply, si twitter otomatis bikinin conversation buat loe ber 2, di samping itu kalo loe ngebales tweet orang pake fitur ini yang bisa baca balesan loe ke orang itu cuma orang yang follow loe ber 2, jadi yang bukan follower loe ber 2 gak akan bisa ngebaca bales-balesan loe,,

Loe ngomong paan sih dim? gw kagak ngarti,,

ok, gw bikin contoh, gw sama temen gw bales2an tweet pake reply, pertama temen gw mention gw begini :

"Eh @dhimasernowo gw tdnya mau ke semarang nih buang2 duit gw. :)) tp berhubung gw terakhir UAS SP tgl 24 jadinya batal deh. Hehe.."

terus gw bales pake reply,

"@Endysuryo gak usah ngomong kalo batal, cumi,, -_-a"

terus dia bales lagi pake reply dst,, nah dengan bales2an pake reply, si twitter otomatis bikin conversation buat loe ber 2, kan biasa ada tuh tulisan "in reply to @username" di sampingnya "via bla bla bla" itu bisa diklik buat liat conversationnya,,


Gambarnya diklik biar besar,, :3


nah keuntungan yang ke dua pake fitur ini, selain follower loe ber 2 (di contoh ini berarti follower gw dan temen gw) gak ada yang bisa ngeliat obrolan gw, jadi misal ada 4 user nih, A, B, C dan D,, A follow B begitu pula sebaliknya,, C follow A dan B, D hanya follow A,, si A ngobrol via reply sama si B, nah, si C itu bisa ngeliat obrolan si A dan si B karena si C ngefollow 2 pihak yang lagi ngobrol, tapi di timelinenya si D obrolan si A sama si B ini gak ada,, jadi timeline follower yang gak kenal loe dan lawan bicara loe gak perlu tau obrolan loe berdua,, lebih bersih kan? :D

2. RT / Quote,,
RT atau Quote ini berguna kalo loe mau ngasih tau follower loe akan sesuatu yang kira2 kalo gak loe RT atau Quote tweetnya jadi gak enak,, contoh gampangnya gini,, @SoalBowBow ngetweet

"Ibu memasak ... di dapur"

nah, loe pengen jawab tweet si soal bowbow ini, tapi kan paling enggak si follower loe butuh tau dong soal dari apa yang loe jawab, kurang enak aja klo loe ngereply gini

"@SoalBowBow nasi"

coba loe bandingin sama kayak gini :

"Nasi,, RT @SoalBowBow: Ibu memasak ... di dapur"

Lebih enak yang ke dua kan? tweetnya jadi lebih jelas, nah itu dia fungsi RT sesungguhnya, jadi jangan sampe salah lagi yah teman2,, :3

3. ReTweet,,
Official ReTweet punya si twitter ini gunanya buat men-tweet ulang tweet orang dan ditampilin di timeline follower loe, kadang ada kan tuh user asing nongol di timeline loe? itu karena tweet dia di ReTweet sama salah satu user yang loe follow,, contohnya gini


Errr, kecil amat,, btw, gambarnya diklik yaah biar besar,, :3


Itu yang gw merah2in bukan orang yang gw follow tapi dia bisa nongol di timeline gw, itu karena tweet mereka di ReTweet sama salah satu user yg gw follow,, kalo mau liat siapa yang nge ReTweet tweet tadi ada keterangannya



itu berarti tweet ini di ReTweet sama salah satu user yang gw follow, yaitu @TraxFMJKT,, :D

Ok, jadi itu bedanya Reply, RT / Quote, sama Retweet, sebenernya gak ada yang ngelarang loe juga sih mau pake yang mana kalo mau ngereply atau mau berinteraksi dengan tweet user lain, tapi paling enggak kan loe minimal harus ngehargai timeline follower2 loe juga, jangan sampe mereka kebanjiran tweet-tweet yang sebenernya gak perlu mereka tau, ya gak?

that's it sedikit tutorial dari gw, udah jam 5 sore nih, saatnya gw gentayangan ke masjid-masjid buat nyari ta'jil gratisan #mahasiswaGakMauRugi, kurang lebihnya mohon maap yak, have a nice day guys,, :D

Comments

  1. Wah, makasih ya. Gue dapet pencerahan. Makasih :))

    ReplyDelete
  2. gw pngn tau cra nge-Retweet'a gan....
    biar ada tulisan RT'a tu gmna...
    kya yg di nomer 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di twitter client biasanya namanya "quote tweet", otomatis RT nya kebikin sendiri, kita tinggal nambahin komennya,, tapi cara lebih gampangnya copy paste aja tweet yang mau di RT, tambahin tulisan "RT" dipaling depan, beres,,

      Delete
  3. Pengertian gw so'al fungsi RT/Quote & Reply bener gk nih:
    1.Kalau ngebales Tweet pake Reply yg bisa ngelihat percakapan'nya cuman follower yg dibales & follower yg ngebales
    2.kalau ngebales Tweet pake RT/Quote yg bisa ngelihat percakapan'nya adalah semua orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngebales tweet pake reply yang bisa ngeliat percakapannya cuma follower yang dibales dan ngebales,, lalu, kalo RT itu yang ngeliat semua follower loe aja, soalnya logikanya, kalo nge RT itu itungannya kayak loe nge tweet baru bro jadi bisa diliat semua follower loe, beda kalo nge reply,,

      Delete
  4. mampir juga ya diblog ane lesmanaberkelas.blogspot.com ,.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts